Pengertian, Fungsi, Jenis, dan perbedaan fisik dari RAM (Random Access Memory)




Apa itu pengertian Ram ?
Pengertian dari Ram adalah singakatan dari Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memoryRAM), dimana ram dalah suatu tipe penyimpanan komputer yang di isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

  1. Membantu Menyimpan Memory Sementara
Fungsi RAM yang paling utama adalah untuk membantu menyimpan memory sementara. RAM yang dalam bahasa Indonesia juga sering dikenal dengan istilah penyimpanan memori acak, akan menyimpan sementara memory dari suatu aplikasi ataupun progam. Progam yang berjalan ini nantinya akan memberikan informasi yang akan disimpan dalam RAM, yang kemudian akan diteruskan menuju CPU untuk diproses. Fungsi CPU ini akan memproses informasi dari suatu aplikasi yang disimpan di dalam RAM.
Singkatnya, seperti inilah alur dari penggunaan fungsi RAM pada komputer :
Aplikasi dijalankan / dibuka – aplikasi yang dibuka akan mengirimkan informasi, yang kemudian disimpan di dalam RAM – RAM akan meneruskan informasi ke CPU – CPU akan memproses informasi yang ada di dalam RAM.
Proses tersebut akan terjadi hanya dalam waktu beberapa detik saja, bahkan bisa lebih cepat lagi, apabila suatu komputer memiliki kapasitas RAM yang lebih besar, sehingga proses penyimpanan memory oleh RAM tidak akan terhambat.
  1. Membantu Penggunaan Multitasking Dalam Komputer
Fungsi RAM berikutnya adalah membantu untuk mendukung penggunaan multitasking dalam satu komputer. Multitasking merupakan suatu keadaan diamana komputer bisa mengerjakan atau membuka lebih dari 2 aplikasi dalam sekali jalan. RAM merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam proses multitasking ini. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin lancar suatu komputer memproses penggunaan multitasking, sehingga dengan kapasitas yang mendukung komputer sering hang tidak akan terjadi.
  1. Mempercepat Kinerja Pemrosesan Informasi dari Komputer
Sudah merupakan rahasia umum apabila semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat pula pemrosesan informasi yang dilakukan oleh CPU. Itu berarti kecepatan dari suatu sistem komputer sangat ditentukan oleh besaran kapasitas RAM ayang ada. Karena dengan RAM yang memiliki kapasitas besar, maka proses penyimpanan dan juga penerusan memory dari RAM menuju CPU tidak akan terhambat. Hal ini juga merupakan cara agar laptop tidak lemot karena terlalu berat bekerja. Begitu pula kebalikannya, komputer dengan kapasitas RAM yang lebih kecil akan menjadi lebih terbatas penggunaan aplikasinya, karena kemampuan dari memory nya yang terbatas pula.
  1. Memiliki Fungsi yang Vital, Untuk Gaming dan Design
Bagi anda yang senang dengan games dan juga aplikasi yang berbasi design dan juga 3D, maka RAM memiliki fungsi yang sangat penting dan juga sangat vital untuk komputer anda. Game dan juga aplikasi berbasis 3D dan design merupakan salah satu jenis aplikasi komputer yang membutuhkan kapasitas RAM yang sangat besar. Bagi anda yang senang dengan game dan juga design, maka fungsi RAM akan sangat terasa dan sangat bermanfaat bagi anda. Hal ini pun mengukuhkan pernyataan bahwa semakina besar kapasitas RAM maka semakin besar pula suatu komputer dalam melakukan pemrosesan informasi.
  1. Menentukan Spesifikasi dari Suatu Komputer
Fungsi RAM yang lainnya adalah sebagai salah satu patokan dari spesifikasi dari komputer. Selain melihat kualitas dan juga generasi dari CPU, kapasitas RAM juga wajib untuk diperhatikan ketika akan membeli komputer. Karena itu, RAM memiliki peranan yang penting dalam memutuskan apakah anda akan membeli komputer tersebut atau tidak. Sesuaikan pula kebutuhan anda dengan komputer yang akan anda beli. Ada baiknya anda membeli komputer degnan kapasitas RAM minimal 2 GB yang sudah cukup untuk pemakaian sehari – hari, dan juga penggunaan game dan juga design yang basic.
JENIS-JENIS RAM
  1. RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  2. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
  3. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
  4. SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM.
  5. EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
     Buat anda yang masih awam di dunia komputer mungkin artikel tentang cara menambah RAM akan sangat membantu anda mendapatkan solusi Anda.
Cara Menambah Ram Komputer atau Laptop
jika anda pernah mendengar istilah upgrade ram atau menambah ram untuk meningkatkan kecepatan Access komputer anda ? itu benar ada nya akan tetapi anda harus memeriksa poin – poin di bawah ini sebelum anda merencanakan upgrade ram pada komputer atau laptop anda.
  1. Cara membedakan DDR ram

  2. Kapasitas maksimal tambah ram atau upgrade ram

  3. Seri berapakah ram yang di pakai pada komputer anda.

  4. Mengetahui batas upgrade ram pada motherboard

Cara membedakan DDR ram untuk upgrade ram


       Saya cuman akan membahas Pengertian, Fungsi, Jenis, dan perbedaan fisik dari ram tipe DDR, DDR II dan DDR III sesuai dengan gambar yang tertera di bawah ininah dari gambar di atas anda sudah bisa melihat perbedaanya dari skat tengah dari masing – masing ram, dan anda bisa melihat nya dari tulisan yang ada pada label keterangan yang tercantum di ram tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian, Fungsi, Jenis, dan perbedaan fisik dari RAM (Random Access Memory)"

Post a Comment