Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Power Supply

         Power Supply dalam bahasa indonesia Pencatu Daya adalah perangkat keras yg berguna untuk menyuplai/memberi tegangan listrik langsung ke komponen yang membutuhkan tegangan. Contohnya motherboard, hardisk, kipas, dll.

           Power supply dapat memperoleh energi dari berbagai jenis sumber energi, termasuk sistem transmisi energi listrik, penyimpanan energi perangkat seperti baterai dan sel bahan bakar, sistem elektromekanis seperti generator dan alternator dan tenaga surya konverter.

Input daya power supply berupa arus bolak-balik (AC) maka power supply harus mengubah tegangan AC jadi DC (arus sejalan), dikarenakan perangkat komputer hanya akan beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yg kebanyakan diletakan dibagian belakang diatas casing.

Selain itu, Power supply mempunyai kenektor kabel yang masing-masing konektor kabel tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada akhir postingan ini anda akan menemukan beberapa kabel konektor Power Supply. 

Pengertian Power Supply, Fungsi Power Supply, Cara Kerja Power Supply

Cara Kerja Power Supply

Disaat kita menekan tombol power pada casing, yang akan terjadi adalah Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan system berjalan. Apabila pengetesan sudah berhasil, Power Supply mengirim sinyal khusus pada motherboard yang dinamakan dengan power good.

Fungsi Power Supply 

Fungsi Power Supply pada komputer adalah memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang sejalan atau biasa dinamakan arus DC. 

    Power supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh perangkat keras di dalam komputer. Adapun beberapa perangkat keras yang membutuhkan arus listrik DC yaitu harddisk, fan, motherboard dan lain-lain.



    Fungsi ini hampir sama dengan UPS (Uninterruptible power supply), namun perbedaan nya adalah UPS bisa digunakan untuk batrai cadangan, dan akan sangat berguna bila listrik tiba-tiba mati. Untuk lebih memahami apa itu UPS ??. Silahkan baca artikel "Pengertian UPS dan Fungsinya"

Fungsi Power Supply Berdasarkan Jenis Konektor
Power supply mempunyai banyak konektor dan masing-masing dari konektor mempunyai fungsi yang berbeda. Meskipun sebagian kabel mempunyai tegangan listrik yg sama, tapi tiap-tiap konektor sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya.

Untuk lebih mengenal berbagai jenis konektor Power Supply, maka dibawah ini adalah beberapa gambar konektor yang bisa anda pelajari.


1. ATX power connector (20pin + 4pin) :
ATX 20/24 pin konektor difungsikan untuk menghubungkan power supply unit (PSU) ke motherboard. Versi lama dari ATX motherboard masih digunakan ATX 20 pin konektor, bila kita memakai motherboard model terbaru, maka konektor ATX 24 pin bisa anda gunakan. 

Konetktor ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berjumlah 20 pin dan bagian kedua 4 pin. Jika kita memakai motherboard yang baru, maka gabungkan antara 20 + 4 pin konektornya.

Pengertian Power Supply, Fungsi Power Supply, Cara Kerja Power Supply


2. AT power connector (12 pin)
Konektor AT Power ini diperlukan untuk motherboard kelas Pentium II kebawah. Konektor yg mempunyai 12 kabel ini dikelompokkan terpisah jadi 2 bagian. Bagian pertama dinamakan Konektor P8 dan bagian kedua dinamakan P9. Masing-masing konektor mempunyai 6 kabel.

Untuk menghindari kesalahan dalam pemasangan, kita cukup mempertemukan konektor yg mempunyai kabel hitam di tengah-tengah.

Pengertian Power Supply, Fungsi Power Supply, Cara Kerja Power Supply
3. Molex Konektor
Konektor ini dimanfaatkan sebagai sumber tenaga bagi harddisk dan cd drive. Kadang sebagian pembuat pun membuat fan / kipas pendingin, lampu-lampu dan juga asesoris yang lain memakai konektor ini. Konektor Molex mempunyai 4 kabel yang berbeda warna. Warna kabel konektor Molex adalah Merah, Hitam & Kuning. Tiap-tiap warna mempunyai sumber tegangan yang berbeda-beda juga.

Pengertian Power Supply Fungsi dan Cara Kerjanya

Jenis-jenis Power Supply
Setidaknya ada 8 jenis dari power supply yang beredar dipasaran, berikut adalah jenis Power Supply:
1. DC power supply
2. AC-to-DC Supply
3. Linear regulator
4. AC power supplies
5. Switched-mode power supply
6. Programmable power supply
7. Uninterruptible power supply
8. High voltage power supply.

Oke, Mungkin itu dulu postingan saya saat ini tentang pengertian Power Supply dan Cara Kerjanya. Semoga bermanfaat !!! 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Power Supply"

Post a Comment